Rabu, 07 Oktober 2015

Tuban Kota Wali



Tuban-Jawa Timur



Tuban, adalah kota kelahiran saya, kota tuban disebut sebagai kota wali karena kota tuban sejak dari dulu menjadi salah satu pusat penyebaran agama islam di pulau jawa. Kota tuban juga bisa disebut sebagai kota tuak karena kota tuban terkenal dengan penghasil minuman tuak dan legen yang berasal dari bunga siwalan atau bisa disebut dengan ental.
Kota tuban juga memiliki berbagai macam obyek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan salah satunya adalah makam wali, contohnya Sunan Bonang, makam Syeh Maulana Ibrahim Asmaraqandi (Palang), Sunan Bejagung dll. Selain disebut kota wali, kota Tuban juga disebut sebagai kota seribu goa karena kota tuban termasuk wilayah pegunungan kapur. Goa yang terkenal adalah goa Akbar dan goa Putri Asih. Kota Tuban juga berada di tepian pantai pulau jawa sebelah utara.

Untuk budaya, kota tuban memiliki beragam budaya, salah satunya adalah Sandur. Budaya lainnya adalah Reog yang biasanya dapat ditemui pada wilayah kecamatan Jatirogo. Selain itu ada hal menarik lainnya yaitu saat memperingati haul sunan bonang. Banyak sekali ribuan umat muslim dari berbagai wilayah di Indonesia yang memadati kompleks pemakaman Sunan Bonang. Ada juga Ulang Tahun Klenteng Kwan Sing Bio yang sudah masuk dalam agenda kota dan ada juga sedekah bumi bagi masyarakat pesisir.







Demikian dengan makanan dan minuman dari kota Tuban yang sangat menggoda dan dijamin ingin mencicipinya kembali. Seperti Rajungan, Pepes Belut, Ayam Panggang Bektiharjo, dan untuk minumannya yang sangat menggoda yaitu Legen. Minuman Legen Minuman Legen merupakan minuman khas daerah Tuban terbuat dari air dahan pohon Siwalan yang banyaktumbuh di daerah kota Tuban. Apabia sudah puas dengan wisata kulinernya yang mantap dan menggoda lidah, kalian juga bisa mendapatkan oleh-oleh produk dari olahan laut, seperti Terasi Tuban, Petis Ikan, Petis Udang, Kerupuk Udang, dan ikan Teri. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Olivia Noval Karina Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template